Efek Wortel yang Jarang Diketahui Pria


foto-artikel-wortel
Wortel yang dijadikan camilan di sela kerja (Dok. Pribadi)

Apa kabar pembaca yang semoga tetap sehat dan diberkahi Allah.

Pasti tahu dengan sayuran wortel, kan?

Kalau kita sering masuk pasar atau mengunjungi pasar modern, tak sulit untuk menemukan sayur jenis umbi berwarna oranye ini, dari yang ukurannya kecil sampai besar. 

Kalau di film-film kartun animasi dan cerita dongeng, wortel disebutkan sebagai makanan yang digemari oleh kelinci.

Namun, sebenarnya apa saja sih yang terkandung dalam umbi berwarna oranye itu?

Apa saja yang membuatnya jadi menarik untuk dihubungkan dengan kaum pria? Mari kita uraikan satu per satu.

Wortel merupakan sayuran yang bermanfaat bagi tubuh, bukan saja bergizi, tapi juga mengandung beta karoten dan vitamin A.

Beta karoten adalah senyawa yang memiliki khasiat sebagai antioksidan dan akan diolah tubuh menjadi vitamin A.

Vitamin A sendiri adalah berfungsi untuk menjernihkan fungsi kornea mata dan menjadi komponen penting untuk sel-sel retina.

Dengan manfaatnya itu tentu saja wortel bukan hanya enak untuk makan, tapi juga membantu tubuh dalam menjaga kesehatan terutama mata.

Selain itu wortel juga memiliki manfaat yang jarang diketahui oleh para pria, yaitu:

1.      Mengurangi risiko kanker
Beta karoten yang dimiliki wortel rupanya mampu menghindari orang dari serangan jantung mendadak.

2.      Menambah vitalitas
Keberadaan beta karoten dalam tubuh yang menjadi aktioksidan membuat sel-sel tubuh bermetabolisme dengan baik, sehingga mengurangi radikal bebas. Hal itu membuat tubuh bebas dari racun dan membantu hormon vitalitas menjadi meningkat.

3.      Mencegah penyakit Jantung
Selain Beta karoten, di dalam wortel juga terdapat Alpha karoten dan lutein yang mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga penyakit jantung bisa dihindari.

4.      Menguatkan Gigi dan Gusi
Kebiasaan memakan wortel mentah akan mengeluarkan kandungan mineral pada wortel yang mampu membuat gigi dan gusi sehat.

Poin keempat ini yang mungkin menjadi jawaban kenapa  kelinci sangat menyukai wortel.


Ya, demikianlah manfaat wortel dengan kandungan beta karotennya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dalam memenuhi vitamin A.

Kandungan wortel yang kaya akan beta karoten ini juga dimanfaatkan oleh ahli nutrisi untuk dijadikan bahan alami suplemen kesehatan yang ditujukan untuk kesehatan mata.

Yuk, mulai menambahkan wortel dalam setiap acara makan kita!


10 komentar:

  1. Wortel emang enak, apalagi di jus sama nanas yummy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @De pita
      Betuuul, asal gulanya dikit aja, atau nggak pake sekalian jadi manisnya dari nanas aja. :)

      Hapus
  2. Dimakan mentah juga enak... Kalo aku lebih nikmat dimakan mentah gitu, segeerrr...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Arstory
      Sammaaa, saya juga suka ngejadiin wortel sebagai camilan.... seger sehat! :)

      Makasih, yo, sudah mampir.. :)

      Hapus
  3. Iya jus wortel aku suka deh Bang, buat mata minusku hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Naqiyyah Syam

      Bener... wortel memang mengandung beta karoten yang oleh tubuh diolah menjadi vit A yang bagus untuk mata... semoga matamu tetap sehat, Naqi.

      Hapus
  4. cuma, aku belum pernah makan wortel mnetah, mesti dimasak meski sebentar, atau di potong kecil2 kayak acar, baru kemakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Milda Ini

      Yang penting wortelnya dimakan :)
      Biar matanya tetap sehat, apalagi buat yang sering duduk di depan komputer seharian... :)

      Hapus
  5. Aku sukanya direbus trus dibuat lalap, dicocol sambel gitu. Yummmmmi

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Lina Astuti

      Betullll... enak itu dan sehat lho, Mbak Lina! :)

      Hapus